Penjelasan Mengenai 31 Karakter Aroma

Penjelasan Mengenai 31 Karakter Aroma

Mendapatkan parfum yang sesuai dengan kepribadian merupakan suatu hal yang susah-susah gampang, perlu ketelitian dan juga proses mencoba yang kadang butuh waktu yang tidak sebentar. Kamu mungkin perlu membeli beberapa parfum hingga akhirnya mendapatkan parfum yang benar-benar sesuai dengan kepribadian. Untuk mempermudah kamu dalam mencari aroma yang cocok, kamu perlu mengetahui jenis-jenis serta karakter dari aroma yang terdapat dalam sebuah parfum. Nah pada kesempatan kali ini, Tania Perfume akan menjelaskan secara detail mengenai apa itu karakter aroma pada parfum dan hubungannya dengan citra seseorang, untuk lebih jelasnya yuk simak informasinya berikut ini!

Penjelasan Mengenai Karakter Aroma

Karakter pada parfum adalah suatu sifat atau ciri khas dari suatu parfum yang digolongkan berdasarkan kelompok wewangian, umumnya disebut sebagai fragrance family.
Menurut Stephen V. Dowthwaite, pendiri Perfumers World, ia mengatakan bahwa pilihan parfum kita dipengaruhi oleh citra yang ingin kita gambarkan, apakah ingin terkesan modern, sederhana, elegan, maskulin, feminime, berani, ataupun agresif.

Setidaknya ada 9 kelompok wewangian serta subfamily dari masing-masing kelompok wewangian yang bisa menambah referensi kamu untuk mencari parfum yang sesuai, yuk simak infonya

Kelompok Aromatic

Karakter Aromatic :
Sama seperti namanya, karakter aromatic merupakan kelompok wewangian yang di dalamnya mengandung wewangian aromatik seperti sage, rosemary,
jintan, lavender dan tanaman lainnya yang memiliki aroma rumput pedas yang sangat intens, umumnya dipadukan dengan aroma citrus dan spicy. Karakter
Aromatic adalah wewangian khas untuk pria. Contoh parfum karakter Aromatic : Axe Alasca, Burberry
Summer Men, Etienne Aigner Blue Emotion, Etienne Aigner XXX, dan Tommy T

Aromatic Aquatic
Aromatic Aquatic merupakan kelompok wewangian yang memadukan wewangian aromatic dan kesegaran air laut (aquatic), biasanya menghasilkan sensasi aroma yang segar dan dingin. Kebanyakan ditemukan pada wewangian untuk pria
Contoh Parfum Karakter Aromatic Aquatic : Bvlgari Aqva Marine, Giorgio Armani Acqua di Gio, dan Kenzo Pour Homme/Kenzo Batang

Aromatic Fougere
Aroma Fougere adalah sebutan untuk kelompok wewangian yang mendiskripsikan aroma pakis atau bau rumput basah atau seperti aroma hutan yang sejuk yang dipadukan dengan wewangian aromatic seperti rosemary, sage, thyme, eucalyptus, lavender. karakter parfum seperti ini cocok untuk seseorang memiliki jiwa petulang dan senang melakukan eksplorasi.
Contoh parfum dengan karakter Aromatic Fougere : Armani
Stronger With You, Eternity Men, Gucci Guilty Black

Aromatic Fruity
Kelompok wewangian ini relatif baru, hasil perpaduan antara wewangian aromatic yang menenangkan dan wewangian buah yang menyegarkan, umumnya karakter parfum ini ditemukan pada parfum pria dan unisex yang memberikan kesan segar & energik.
Contoh parfum dengan karakter Aromatic Fruity : Jimmy Choo Men, Kenzo Totem Blue

Aromatic Green
Komposisi kelompok ini menonjolkan aroma rumput hijau atau daun, yang ditambah komponen aromatik seperti lavender, rosemary, dan kayu. Parfum dengan karakter ini menghasilkan sillage aroma yang kuat.
Contoh parfum dengan karakter Aromatic Green : Calvin Klein Escape Men, Dunhill Desire Blue, dan Ralph Laurent Polo Sport

Aromatic Spicy
Aromatic Spicy adalah aroma yang umumnya terdapat pada wewangian untuk pria. Kombinasi rempah-rempah dan komponen aromatik biasanya meninggalkan kesan segar, dingin, dan ringan.
Contoh parfum dengan karakter Aromatic Spicy : Zara Homme

Karakter Chypre
Chypre adalah kelompok tua dan unik, yang ditandai dengan akord yang terdiri dari top note jeruk, middle note berpusat pada citrus labdanum, dan satu set basenote berlumut-hewan berasal dari oakmoss.

Kelompok Chypre

Chypre Floral
Bunga seperti mawar, lily lembah, atau melati merupakan komponen tradisional dari wewangian floral yang dipadukan dengan komposisi Chypre.
Contoh parfum dengan karakter Chypre Floral : Chanel Coco Noir Extrait, Chanel Chance, Chloe Nomade

Chypre Fruity
Komposisi kelompok chypre berpadu sempurna dengan aroma buah seperti peach, aprikot, stroberi hutan atau buah-buahan eksotis, yang memiliki aroma yang modern, hangat, dan mewah. Contoh parfum dengan karakter Chypre Fruity : Creed Aventus, Armani Si White, Gucci Rush, YSL Mon Paris, dan Jo Malone English Pear & Freesia.

Kelompok Citrus

Karakter Citrus
Wewangian citrus (jeruk) komposisinya didasarkan pada lemon, jeruk, bergamot, grapefruit atau jeruk mandarin.
Digolongkan lagi dengan aroma jeruk yang lebih tajam, dan asam. Umumnya parfum ini ditemukan pada parfum unisex yang menyegarkan.
Contoh parfum dengan karakter Citrus : Calvin Klein All, Salvadore Blue Ice, Tommy Jeans, Victoria Secret Lemon Paradise

Citrus Aromatic
Aroma jeruk yang dipadukan dengan wewangian herbal aromatik (lavender, rosemary, jintan, mint), menghasilkan aroma yang menyegarkan sekaligus menenangkan.
Contoh parfum dengan karakter citrus aromatic : Calvin Klein One, Clinique Happy Men, Elizabeth Arden Green Tea, Loris Chrome Azzaro, dan Creed Asian Green Tea

Citrus Gourmand
Kelompok ini mencakup citrus manis (jeruk nipis, jeruk), serta jeruk citrus lainnya, baik manis karena gula atau tergabung dengan vanili, karamel dan bunga manis.
Contoh parfum dengan karakter Citrus Gourmand : Burberry Baby Touch

Kelompok Floral

Karakter floral
Aroma floral memiliki elemen utama, yaitu bunga atau campuran dari beberapa bunga yang berbeda. Sama seperti halnya bunga, aroma tersebut akan berkembang selama
beberapa hari untuk mencapai keharuman yang sempurna. Contoh parfum dengan karakter Floral : Benetton Pink, Bvlgari Rose Essential, Elizabeth Arden Avenue, Pleasure Women, Gucci Flora, dan Lancome Miracle Women.

Floral aldehyde
Kelompok bunga yang digabungkan dengan dosis besar aldehida, yaitu sebuah komponen sintetis/organik metanal (formaldehida) dan etanal (asetaldehida).
Contoh parfum dengan karakter floral Aldehyde : Chanel No 5, dan Chanel No 5 L’eau.

Floral Aquatic
Komposisi aroma segar yang mencakup kesegaran air laut atau bunga air dan rempah-rempah. Umumnya ditemukan pada parfum wanita.
Contoh parfum dengan karakter Floral Aquatic : Body Shop Aqua Lily, Bvlgari Omnia Crystal, Ck Escape Women, Davidoff Cool Water Women, dan Issey Miyake Women.

Floral Fruity
Komposisi kelompok ini menghasilkan aroma yang menyegarkan, ringan, dan ceria, dengan sentuhan manisnya buah, Cocok digunakan untuk wanita muda yang modern dan energik. Contoh parfum dengan karakter Floral Fruity : Anna Sui Secret Wish, Body Shop Chery Blossom, DKNY Be Delicious, dan Escada Chery In The Air.

Floral Fruity Gourmand
Parfum ini memadukan wewangian aroma bunga, buah, yang dipadukan dengan aroma makanan seperti karamel, gula, coklat, permen, dan lainnya. Umumnya karakter parfum ini disukai oleh wanita muda. Contoh parfum dengan karakter Floral Fruity Gourmand : Ariana Grande Sweet Like Candy, Avril Forbidden Rose, Britney Spears Fantasy, Justin Bieber Someday, dan Katy Perry Killer Queen

Floral Green
Aroma hijau rumput dan daun memperkenalkan kesegaran dan sedikit pahit yang digabungkan dalam komposisi bunga, meninggalkan kesan seperti bunga yang baru dipetik.
Contoh parfum dengan karakter Floral Green : Gucci Envy, dan Revlon Charlie White

Floral Woody Musk
Dominasi bunga yang diperkaya dengan keselarasan kayu dan musky pada kelompok ini yang menambahkanketajaman dan kehangatan aroma.
Contoh parfum dengan karakter Floral Woody Musk : Body Shop White Musk, Gucci Premier, Lancome Tresor Midnight Rose, Roberto Cavalli Paradiso, dan Bond The Scent Of Peace.

Leather
Karakter leather diambil dari berbagai komposisi, dari kulit hewan, kulit bunga, kulit kayu, kain ataupun bahan lainnya yang dibuat sedemikian rupa agar menghasilkan aroma seperti kulit. Contoh parfum karakter Leather : Etienne Aigner Black Men

Baca Juga : Ini Makna Sebenarnya Dari Parfum Yang Jarang Diketahui

Kelompok Oriental

Oriental
Oriental yang didominasi oleh amber. Menekankan pada kehangatan dan sensualitas yang dipadukan dengan aroma intensif dan tajam seperti musk, vanila, damar eksotis dan kayu, sering disertai dengan bunga-bunga dan rempah-rempah.
Contoh parfum dengan karakter oriental : Benetton Hot

Oriental Floral
Manis, hangat dan diakhiri dengan aroma khas dari bunga seperti gardenia, tuberose, tiare atau dengan aroma pedas anyelir.
Contoh parfum dengan karakter Oriental Floral : Abercrombie First Instinc, Body Shop Smoky Rose, Bvlgari Jasmin Noir, Carolina Herrera Good Girl, Chanel Coco
Mademoiselle, dan Etienne Aigner Starlight

Oriental Fougere
Perpaduan antara komponen oriental (kayu hangat dan aroma rempah pedas) disegarkan dengan aromatik seperti lavender, rosemary, coumarin dan lumut ek.
Contoh parfum dengan karakter Oriental Fougere : Antonio Banderas Blue Seduction, 212 Sexy Men, Dunhill London, dan Jaguar Black.

Oriental Spicy
Rempah-rempah pedas dan sensual seperti kayu manis, cengkeh dan pala bersatu dengan bahan oriental, seperti kayu dan damar.
Contoh parfum dengan karakter Oriental Spicy : Antonio Banderas Black Seduction, Armani Black Code, Hugo Boss Dark Blue, dan Carolina Herrera Bad Boy.

Oriental Vanilla
Wewangian ini menyatukan aroma parfum manis, didasari pada keselarasan aroma oriental (kayu, damar, bunga dan rempah-rempah) dengan komponen manis dari karamel,
vanili, coklat, almond, dan madu. Contoh parfum dengan karakter Oriental Vanilla : Anna Sui Dream, Body Shop Vanilla, Escada Magnetism, Lancome Hypnose, Victoria Secret Vanilla Lace, YSL Black Opium, dan Zara Chocolate.

Oriental Woody
Bahan oriental tradisional diperkaya dengan perpaduan kayu cendana hangat atau dengan aroma yang lebih kering dari cedar atau vetiver.
Contoh parfum dengan karakter Oriental Woody : Bvlgari Black, Bvlgari Men, 212 VIP Men, Mont Blanc Individual Men, Davidoff Horizon Extreme, dan Paco Rabanne Xs Black Men.

Kelompok Woody

Karakter Woody
Kelompok wewangian Woody biasanya berasal dari campuran aroma kayu-kayuan (seperti kayu cendana, kayu kering cedar, kayu jati eksotis, kayu ara, kayu manis, pinus,
rosewood, nilam dan akar wangi). Menghasilkan aroma yang maskulin dan umumnya disukai pria dewasa.

Woody Aquatic
Komposisi aroma kayu yang melekat di aroma akhir sebuah parfum. Diisi dengan wewangian seperti cendana, cedar dan vetiver, serupa damar dan sejenis balsam dengan aroma
eksotis. Biasanya disertai dengan harum aromatik dan citrus. Contoh parfum dengan karakter Woody Aquatic : Bvlgari Aqua Amara, Issey Men, Paco Rabanne Invictus,
dan James Bond Ocean Royal.

Woody Chypre
Sebuah perpaduan sangat maskulin antara kayu dan aromatik yang merupakan karakteristik dari wewangian untuk pria. Aroma tengah dan akhir biasanya diisi rempah aromatik.
Contoh parfum dengan karakter Woody Aromatic : Antonio Banderas Secret Game, Benetton Sport, Burberry Men, Bvlgari Extreme, Creed Viking, dan Cristiano Ronaldo Legacy.

Woody Floral Musk
Didominasi aroma kayu dan memiliki aroma awal bunga yang elegan seperti violet dan freesia, serta aroma akhir musky.
Contoh parfum dengan karakter Woody Floral Musk : Body Shop White Musk, Bvlgari Omnia Amethyste, dan Bvlgari Pour Homme

Woody Spicy
Aroma lembut dan menyenangkan dari kayu nan eksotis selaras dengan kehangatan rempah-rempah pahit seperti lada, cengkeh, pala atau kayu manis menghasilkan aroma
yang mewah dan berkelas. Contoh parfum dengan karakter Woody Spicy : Bvlgari All Black Edition, Chanel Allure Sport, Dolce & Gabbana The One, Hermes Terre, Hugo Boss Signature, One Million, Diesel Bad Intense, dan Azzaro Wanted.

Panduan memilih parfum sesuai karakter :

  1. Kepribadian yang feminin cenderung ke karakter floral.
  2. Kepribadian yang maskulin lebih menyukai karakter aromatic dan woody
  3. Orang muda cenderung menyukai aroma fruity, gourmand, creamy, dan vanilla.
  4. Kepribadian yang elegan dan modern menyukai floral, aldehida, powdery, dan leather.
  5. Kepribadian yang bersahaja dan praktis lebih menyukai tembakau, rempah-rempah, dan catatan hijau.

Itulah penjelasan mengenai apa itu karakter aroma, semoga bermanfaat!

Penjelasan Mengenai Karakter Aroma
Penjelasan Mengenai Karakter Aroma
Penjelasan Mengenai Karakter Aroma
Penjelasan Mengenai Karakter Aroma

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *